Asal Usul Kenapa disebut Kunci Inggris

Bagaimana ya Asal Usul Kenapa disebut Kunci Inggris ? Berikut kita akan kasih informasi tentang Asal Usul Kenapa disebut Kunci Inggris. Silahkan dibaca dengan seksama ya.

Kunci inggris adalah alat pekakas yang bisa digunakan pada perbengkelan untuk memperbaiki kendaraan seperti motor, sepeda, mobil dan lainnya. Selain itu, kunci inggris juga sering digunakan pada orang-orang yang bekerja di industri ataupun mesin. Kunci inggris memiliki sekerup yang bisa disetel berdasarkan ukuran baut / mur.
Dengan begitu kunci inggris memiliki multi fungsi dibandingkan dengan kunci pas. Namun dari segi kekurangan karena ukuran nya yang besar, kunci inggris lebih sering digunakan untuk baut / mur yang berukuran besar, sangat jarang digunakan untuk baut / mur yang kecil.Kunci inggris merupakan perkakas yang sangat lumrah kita jumpai di sekeliling kita.
Ternyata kunci inggris dalam bahasa inggrisnya adalah adjustable spanner atau adjustable wrench. Namun di beberapa negara Eropa seperti Perancis, Jerman, Portugal, Spanyol, Italia, dan barangkali juga Belanda, adjustable spanner memang disebut dengan “english key”.

Alasannya adalah karena perkakas tersebut ditemukan oleh insinyur Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Dan karena Indonesia dulu dijajah Belanda, maka tak heran bila kemudian terjemahan perkakas tersebut ke dalam Bahasa Indonesia ya jadi “kunci inggris”.
Padahal sebenarnya kunci inggris yang dikenal sekarang ini adalah hasil penyempurnaan dari english key yang diciptakan oleh Richard Clyburn tersebut dan yang melakukan penyempurnaan adalah Johan Petter Johansson dari Swedia. Maka tak heran di negara Denmark, Polandia, dan Israel, kunci tersebut dikenal dengan nama “Swedish Key”


Nah itulah tadi kita telah bahas tentang Asal Usul Kenapa disebut Kunci Inggris. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan pembaca.

Berikutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Berikutnya »